Pelatihan Kader Posyandu Padukuhan se-Giritirto untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting

By Kesra 26 November 2019 08:49:21 WIB

Setelah diberikan materi dan pelatihan dari Bapak Drs. Eratus Dana Susanto Kader Kesehatan Giritirto memantapkan langkahnya melatih kader Posyandu tingkat Padukuhan

GIRITIRTO (SIDA SAMEKTA ) – Tujuh Padukuhan se-Desa Giritirto yakni Padukuhan Petoyan, Nglegok, Gading, Susukan, Tompak, Ploso dan Blado Kader Posyandu Masing-masing Padukuhan mengikuti acara Pelatihan Kesehatan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh. Ini bisa dialami oleh anak-anak yang mendapatkan gizi buruk, terkena infeksi berulang, dan stimulasi psikososialnya tidak memadai. Acara diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Balai Desa Giritirto.

Setelah selesai sambutan dilanjutkan dengan pelatihan bagi Kader Kesehatan. Pelatihan diawali dengan penyampaian materi oleh KPM yang telah mengikuti Pelatihan di Kabupaten dan juga telah mengikuti Pelatihan bersama di tingkat Kecamatan yang  berlangsung kurang lebih 1 jam dan dilanjutkan dengan latihan pengisian data yang acuannya KMS Ibu Hamil

Materi yang disampaikan meliputi latar belakang pelatihan Stunting di wilayah Gunungkidul, tata cara mengukur anak yang masuk dalam kreteria Stunting (kurang tinggi badan), pengisian formulir Kader Pembangunan Kesehatan Manusia (KPM) serta formulir  PSDM, formulir Pendataan Kondisi Layanan dan Rekapitulasi Status Sasaran, formulir Pemantauan Bulanan Ibu Hamil, serta formulir Bantu Konvergensi Desa.

Setelah mendapatkan pelatihan, Kader Posyandu di tingkat Padukuhan mengerjakan beberapa soal simulasi untuk mengetahui sejauh mana peserta menguasai meteri. Pengerjaan soal simulasi berlangsung kurang lebih 30 menit. Selesai mengerjakan soal, peserta dan narasumber membahas bersama. Pelatihan ini sangat penting bagi warga dan untuk Pemerintah Desa. Karena merupakan salah satu syarat untuk pencairan Dana Desa untuk tahun 2020.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi GIRITIRTO

tampilkan dalam peta lebih besar